Wednesday, February 10, 2010

Paper Replika Indonesia ( PERI ) - Part 1


Paper Replika atau dalam bahasa jepangnya Ichinogami adalah seni merangkai kertas menjadi bentuk yang kita inginkan. Dari model yang biasa seperti gedung bertingkat, sampai robot yang sangat rumit dapat kita buat dengan media kertas.

Sepintas memang terdengar simpel dan biasa saja, apa bagusnya sih bikin model atau replika dari kertas. Sedangkan banyak toko hobby yang menjual replika dari bahan plastik dengan tingkat akurasi dan sekala yang mendekati realita.

Disinilah tingkat kreatifitas kita di uji, dengan hanya menggunakan bahan dari kertas yang mudah di dapat kita dapat membuat suatu replika yang mendekati aslinya, atau minimal mendekati model dari plastik.

Keuntungan dari kertas yaitu murah meriah, mudah didapat, serta ramah lingkungan. Mungkin yang sedikit mahal adalah biaya untuk mengeprint pola yang kita miliki ke media kertas. Kita dapat mendapatkan pola yang kita inginkan dari internet, ada yang berbayar dan banyak juga yang gratis.

Biasanya saya mengunduh pola-pola gratis dari web Paper-Replika.com, dari tingkat pemula sampai ke tingkat mahir.
Saya dan kawan-kawan yang satu hobby biasanya sharing dan bertukar informasi di Papermodel.tk, biasanya kami menyebut perkumpulan kami PeRI atau Paper Replika Indonesia.

3 comments:

  1. mas, mau tanya,kalo mau ikut gabung di grup ini..sekaligus mau ikut belajar dimana ya? sy tertarik papercraft ini....biar awet muda..saya usia 45 tahun, mau diasah otaknya nih biar gak pikun.tks atas infonya.

    aji

    ReplyDelete
  2. salam kenal juga mas Aji, untuk bergabung bisa di group Peri di Facebook. di sana banyak juga yang baru bergabung. Kreatifitas memang tidak mengenal usia mas :D.

    ReplyDelete
  3. Permisi numpang nanya kalo mau download paper model ituh dimana yah?

    Davin

    ReplyDelete